Skip ke Konten



Beranda / Berita BKPSDM / Kegiatan Observasi Lapangan Peserta Pelatihan Peningkatan Kapasitas Camat Provinsi Jambi di Pemerintah Kota Depok Tahun 2019

Pembangunan masyarakat di bebagai sektor merupakan suatu wujud pelayanan publik dalam suatu pemerintahan baik di wilayah Provinsi, maupun Kabupaten/Kota. Pembangunan wilayah Provinsi maupun kabupaten/kota sangat tekait dengan pembanguan di kecamatan/kelurahan dan desa.  Pembangunan di wilayah kecamatan sangat tergantung dengan kemampuan memimpin wilayah kecamatan  tersebut dalam hal ini oleh Camat.

Pengangkatan jabatan Camat oleh Bupati/Walikota, didasarkan pada kompetensi Camat tersebut yaitu kemampuan dan pengetahuan dalam teknis pemerintahan serta memenuhi persyaratan kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (pasal 224 ayat 2 UU 23/2014). Sebagai Aparatur Sipil Negara (PNS) seorang Camat sangat dituntut mampu melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dalam melayani masyarakat dengan berbagai karakter, budaya dan permasalahan-permasalahan di lingkungannya. Untuk itu sangat dibutuhkan Camat dengan kemampuan dalam memimpin wilayah sebagai mediator, motivator, mampu menjadi fasilitator pemerintah serta memberikan pelayanan, pembaharu dan perekat persatuan bangsa sesuai dengan etika pegawai negeri sipil. Oleh karena beratnya tugas yang diemban para Camat maka sangat perlu dibekali dengan diklat kepemerintahan tentang Camat atau Pelatihan Peningkatan Kapasitas Camat agar dapat melaksanakan tugas jabatannya.

Salah satu bagian dari kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas camat, adalah melaksanakan kegiatan Observasi Lapangan ke beberapa lokasi di daerah lain (Provinsi lain) yang dapat dijadikan contoh konkrit dan dapat diaplikasikan dalam pelayanan masyarakat di wilayah kecamatan. Kegiatan ini baru saja telah dilaksanakan oleh BPSDM Provinsi Jambi beberapa waktu lalu. Pada tanggal 4 – 7 November 2019 ke Pemerintah Kota Depok. BKPSDM Kota Depok dalam hal ini selaku perangkat daerah yang memiliki tugas dan fungsi dalam pengembangan SDM Aparatur telah menerima peserta kegiatan Observasi Lapangan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Camat Provinsi Jambi Tahun 2019.

Adapun total peserta kegiatan Observasi Lapangan ini sebanyak 41 (empat puluh satu) orang terdiri dari 30 (tiga puluh) orang peserta diklat dan 11 (sebelas) orang pejabat struktural dan staf BPSDM Provinsi Jambi.

Penerimaan Kegiatan Obervasi Lapangan (OL) ini dilaksanakan pada tanggal 5 November 2019 di ruang edelweis gedung Balai kota depok Lt 5. serta dilanjutkan dengan seminar oleh peserta pada tanggal 6 November 2019 bertempat di Hotel Santika Depok. Peserta Observasi Lapangan dari Provinsi Jambi di pimpin oleh Kepala BPSDM Provinsi Jambi Bpk. H.M Iskandar Nasution, SH, M.Si.

Adapun penerima peserta OL dari Provinsi Jambi tersebut adalah Asisten Bidang Administrasi Umum Kota Depok, Bpk.Yayan Arianto, S.Sos, M.Si dan didampingi oleh Sekretaris BKPSDM Kota Depok dr. Marry Liziawati dan Kepala Bidang PPSDM, BKPSDM Kota Depok, Siti Hasanah, S.STP. Hadir pula pada saat penerimaan peserta OL Provinsi Jambi, camat tempat locus kegiatan OL yaitu Camat Cimanggis dan Camat Pancoran Mas. Lokus untuk kegiatan observasi lapangan peserta pelatihan peningkatan kapasitas camat Provinsi Jambi Tahun 2019  adalah 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Cimanggis, Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Pancoran Mas. Masing-masing kecamatan telah memiliki berbagai prestasi dalam pelayanan masyarakat Kota Depok, baik di tingkat kecamatan/Kota maupun Provinsi.

(Pemberian cendera mata dari Provinsi Jambi ke Pemerintah Kota Depok 2019)

 

Pemerintah  kota depok, sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebab secara tidak langsung hal ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk lebih mengenalkan kota depok dengan segala kelebihan serta potensinya kepada daerah lain pada umumnya. Di lain sisi hal ini juga merupakan pertanda baik bahwa  Kota depok mempunyai citra yang positif di mata masyarakat luar dengan hadirnya para peserta observasi lapangan pelatihan peningkatan kapasitas camat sekalian dalam rangka membangun sinergi antar pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten yang lebih baik kedepannya.

Written by

This User does not has any information to display :(

Tinggalkan Komentar