Skip ke Konten



Beranda / Berita BKPSDM / Pembukaan Pelatihan Pengawas Pemerintah Kota Depok TA 2020
Pembukaan Pelatihan Pengawas Pemerintah Kota Depok TA 2020

Pembukaan Pelatihan Pengawas Pemerintah Kota Depok TA 2020

Jadi yang pertama!

Ditulis pada March 2, 2020

Berita BKPSDM

Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal merupakan investasi yang sangat berharga dalam suatu organisasi, dan salah satu upaya untuk membentuk SDM yang handal adalah melalui Pengembangan SDM. Proses Pengembangan SDM khususnya ASN mengalami perubahan, hal ini sejalan dengan tantangan yang muncul di abad milenial saat ini. Dengan dikeluarkannya Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (PERKALAN) No. 15 Tahun 2019 tentang Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP), yang sebelumnya Jabatan Pengawas dalam ASN dan birokrasi disebut sebagai Jabatan Eselon IV menjadi dasar semua Lembaga Pelatihan ASN dalam menyelenggarakan PKP, sehingga tidak bisa dipungkiri peranan Leader dalam mengubah wajah sebuah organisasi masih sangat dibutuhkan dan ASN yang menjabat Jabatan Pengawas bisa menjadi salah satu ujung tombak dalam membenahi organisasi demi tercapainya pelayanan yang terbaik bagi msyarakat serta mencapai perubahan yang diinginkan.

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) diikuti sebanyak 30 orang yang berasal dari berbagai Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Depok berlangsung dari 27 Februari -20 Juni 2020 dibuka secara resmi oleh Wali Kota Depok Dr. K.H Muhamad Idris, MA dan didampingi oleh Kepala BKPSDM Kota Depok Drs. Supian Suri, MM dan Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi manajerial Prov Jawa Barat Dr. Wawan Suwandi, S.Pd, M.Pd bertempat di Ballroom BPSDM Provinsi Jawa Barat, Kamis (27/02/2020). Selamat mengikuti diklat tunjukkan kesiapan diri dan mental untuk mengikuti kegiatan ini agar menjadi pribadi yang Mandiri, Disiplin, Bersikap Positif dan Proaktif serta percaya diri dalam memecahkan masalah yang dihadapi sehingga nantinya dapat menjadi ASN Pemerintah Kota Depok yang mampu mewujudkan Visi Kota Depok yaitu “Kota Depok yang unggul, nyaman dan religius”, Ujar Idris.

Semoga silaturahmi dan kerjasama ini dapat berjalan secara berkesinambungan dan menjadi salah satu faktor penunjang dalam mewujudkan visi Jawa Barat Tahun 2018 – 2023 yaitu terwujudnya Jawa Barat juara lahir bathin dengan inovasi dan kolaborasi serta visi Pemerintah Kota Depok yaitu mewujudkan Kota Depok yang unggul, nyaman dan religius, ujar Wawan.

Kegiatan berlangsung selama 830 JP atau 96 hari yang dibagi menjadi 36 hari “On Campus” dan 60 hari “Off Campus”, yaitu pada waktu tertentu peserta berada di kampus (asrama) dan beberapa waktu tertentu kembali ke instansi masing-masing dan kembali lagi ke kampus (asrama), ujar Kepala BKPSDM Kota Depok Supian Suri.

Tujuan kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan Kompetensi Manajerial bagi para Pejabat Struktural/Eselon IV dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di instansinya masing-masing, yang dilaksanakan melalui 4 agenda pembelajaran, yaitu agenda kepemimpinan pancasila dan bela negara, agenda kepemimpinan pelayanan, agenda pengendalian pekerjaan dan agenda aktualisasi kepemimpinan. Adapun PKP berorientasi pada hasil membangun karakter dan sikap perilaku kepemimpinan pancasila yang berintegritas, menjunjung tinggi etika birokrasi yang berwawasan kebangsaan, serta bertanggung jawab dalam memimpin seluruh kegiatan pelayanan publik di unit instansinya sebagai bentuk kemampuan kepemimpinan pancasila dan nasionalisme serta mengaktualisasikan kepemimpinan pelayanan dan pengendalian pekerjaan sesuai dengan bidang tugasnya dengan melakukan inovasi, kolaborasi, dan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal dalam rangka implementasi peningkatan kinerja pelayanan publik yang dilakukan oleh pejabat pelaksana.

Written by

This User does not has any information to display :(

Tinggalkan Komentar