Skip ke Konten



Beranda / Berita Foto / Advertorial: Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) Melalui Jabatan Fungsional
Advertorial: Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN)  Melalui Jabatan Fungsional

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Depok Ir. Harry Prihanto, M.Eng membuka secara resmi kegiatan pendalaman materi jabatan fungsional (fungsional pengelola pengadaan barang / jasa dan pranata komputer) yang berempat di Aula Lantai 5 Gedung Balaikota Depok, Jl. Margonda Raya No.54 Kota Depok.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 03 Desember 2014 diikuti oleh peserta sebanyak 70 orang  terdiri dari Pejabat Struktural yang menangani kepegawaian dan calon pejabat fungsional.

Kegiatan pendalaman materi jabatan fungsional (Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa serta Jabatan Fungsional Pranata Komputer) yang diadakan oleh Pemerintah Kota Depok melalui Badan Kepegawaian Daerah bermaksud memberi gambaran secara gamblang mengenai peraturan – peraturan tentang jabatan fungsional serta memberikan pemahaman tentang pelaksanaan peraturan-peraturan tersebut kepada calon pejabat fungsional.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah supaya terciptanya administrasi jabatan fungsional yang baik dan menjadikan para pemangku jabatan fungsional termotivasi untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalime-nya.

Pengangkatan PNS dalam suatu jabatan dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalisme sesuai dengan kompetensi, prestasi kerja dan jenjang pangkat yang ditetapkan untuk jabatan tersebut.

Untuk mewujudkan profesionalisme PNS perlu dilakukan upaya pembinaan karier yang sistematis, kontinyu dan optimal. Optimalisasi pembinaan karier PNS dilaksanakan dengan mengembangkan jalur jabatan karier baik melalui jabatan struktural maupun jabatan fungsional.

Jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seseorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan/atau ketrampilan tertentu serta bersifat mandiri.

Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil ke dalam jabatan fungsional harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Peraturan atau Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Peraturan atau Keputusan Bersama Menteri terkait instansi Pembina jabatan fungsional dengan Kepala Badan Kepegawaian Negara, serta Keputusan atau Peraturan Menteri terkait tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional tersebut.

“Sehubungan belum adanya jabatan fungsional pengelola pengadaan barang dan jasa serta jabatan fungsional pranata komputer di kota Depok dengan ini kami mengadakan kegiatan pendalaman materi jabatan fungsional agar dapat dipahaminya tentang jabatan fungsional tersebut. Karena dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara lebih mengarahkan kepada jabatan fungsional” Tutur Kepala Badan Kepegawaian Daerah Ir. Harry Prihanto. (PPID-BKD)

Written by

This User does not has any information to display :(

Tinggalkan Komentar

Error thrown

Object of class WP_User could not be converted to string